Senin, 19 Maret 2012

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BENGKEL RESMI MERCEDES-BENZ DAN BMW DI KOTA JAKARTA MENGGUNAKAN QUANTUM GIS

Propinsi DKI Jakarta merupakan salah satu propinsi dengan jumlah kendaraan roda empat / mobil terbanyak di Indonesia. Jumlah mobil di DKI Jakarta pada tahun 2010 mencapai 3.118.050 (sumber: Data Polda Metro Jaya). Dari jumlah data yang diperoleh, untuk mobil-mobil mewah hanya memiliki bengkel resmi di beberapa tempat saja, contohnya seperti Mercedes-Benz dan BMW. Tidak seperti mobil pabrikan Jepang yang memiliki bengkel resmi lebih dari 10 untuk di Jakarta saja, Mercedes-Benz dan BMW masing-masing hanya memiliki 8 bengkel saja untuk se-Jabodetabek.
Sedikitnya informasi tentang bengkel Mercedes-Benz dan BMW menyulitkan pengguna untuk mencari / menjangkau bengkel. Hal tesebut bisa membuat pengguna mobil Mercedes-Benz dan BMW kesulitan untuk menjangkau bengkel resmi yang dianjurkan ketika mereka mendapatkan masalah saat melakukan perjalanan. Oleh sebab itu penulis ingin memberikan informasi pemetaan bengkel resmi Mercedes-Benz dan BMW di Jakarta yang terdekat dari tempat mereka berada. Informasi tentang pemetaan bengkel resmi Mercedes-Benz dan BMW ini disampaikan secara meluas dengan cara pembuatan tata letak peta sehingga pengguna mobil Mercedes-Benz dan BMW dapat mengetahui informasi tentang alamat bengkel resmi Mercedes-Benz dan BMW yang terdekat dari posisi mereka berada.
Dalam penulisan ilmiah ini, penulis memfokuskan pada pembuatan aplikasi SIG (Sistem Informasi Geografis) merupakan sejenis perangkat lunak yang dapat digunakan untuk pemasukan, penyimpanan, manipulasi, menampilkan dan keluaran informasi geografis berikut atribut – atributnya. Aplikasi ini dibuat khusus pemetaan bengkel resmi Mercedes-Benz dan BMW di kota Jakarta yang akan menyediakan informasi berupa peta yang dapat membantu para pengguna menemukan bengkel terdekat.
Penulisan ilmiah ini menjadi lebih terarah maka penulis membatasi permasalahan pembuatan aplikasi pemetaan bengkel resmi Merecedes-Benz dan BMW di kota Jakarta dengan menggunakan pemrograman Quantum GIS 1.6.0.
Tujuan penulisan adalah membuat aplikasi pemetaan bengkel resmi Mercedes-Benz dengan harapan pengguna mobil Mercedes-Benz dan BMW dapat segera menemukan lokasi bengkel resmi Mercedes-Benz dan BMW yang terdekat dari mereka. Dan memberikan solusi bagi para pengguna mobil Mercedes-Benz dan BMW untuk mencari bengkel resmi Mercedes-Benz dan BMW tanpa adanya batasan tempat dan waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar